Jumat, 30 Januari 2015

ALARM BANJIR

Pengertian Alarm Banjir
Kegunaannya adalah untuk memperingatkan apabila akan terjadi banjir. Cara kerjanya menggunakan sensor air hujan dan akan memberi sinyal apabila debit air hujan yang turun sudah melebihi batas. Dan alarm ini biasanya di pasang pada kota atau daerah yang rawan banjir , tapi yang terpenting sebenarnya bukan alarmnya tapi bagaimana kita bisa menjaga kebersihan kota kita , daerah kita , kampung kita dari sampah. Dan sangat disayangkan banyak daerah hijau yang sekaranga telah berubah fungsi menjadi perumahan sederhana dan mewah , inilah salahnya pejabat2 yang mata duiten di kasih uang langsung di acc , pejabat2 yang mata duiten harus diganti dengan pejabat2 yang bersih , jujut dan amanah pada rakyat.

Alarm Canggih Pencegah Banjir

Bandung , kompas,com. Ada “kejutan” dari anak-anak muda Kudus. Para siswa SMK 2 Kudus, Jawa Tengah mendapatkan penghargaan sebagai pemenang pertama Lomba Karya Ilmiah Siswa SLTA Tingkat Nasional 2013 yang diadakan oleh Puslitbang Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum. Penganugerahan diberikan pada Rabu (15/5/2013) siang di Puslitbang Sumber Daya Air, Bandung. Cara kerja alat ini sebagai berikut;  pengindera akan mengaktifkan sistem digital interface. Kemudian, sistem digital interface ini akan menggerakkan telepon genggam yang secara langsung mengirimkan sms pada warga.

Mereka merancang karya “Simpel Digital Interface untuk Informasi Banjir Dini Berbasis Penginderaan Cuaca di Pegunungan”. Ini merupakan sebuah alat canggih yang mampu memberikan peringatan dini kepada masyarakat sebelum banjir datang.

Yuli Muhammad Rif’an, Siti Noor Faizah, dan Milla Setiyowati merupakan ketiga siswa SMK 2 Kudus, Jawa Tengah yang meraih penghargaan tersebut. Ketiganya meneliti peralatan teknologi yang bermanfaat untuk masyarakat yang tinggal di kawasan langganan banjir.
Dari hasil penelitian tersebut, menurut Yuli, masyarakat dapat menerima informasi lebih awal ketika potensi banjir terjadi. Dengan demikian, antisipasi dan persiapan dapat dilakukan sebelum banjir datang. Terdapat interval waktu signifikan antara isyarat banjir dan kedatangan banjir itu sendiri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar